Labels

Friday 25 September 2015

Apa Itu Logistik?

Logistik adalah manajemen aliran sumber daya antara tempat/titik asal dan tempat/titik akhir untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan, misalnya kebutuhan pelanggan atau perusahaan. Sumber daya yang dikelola dapat berupa barang dalam bentuk fisik, misalnya makanan, peralatan, perlengkapan kantor atau manusia juga. Selain itu sumber daya tersebut juga dapat berupa sesuatu yang abstrak seperti informasi dan waktu.

Secara garis besar kita bisa mengambil suatu kesimpulan bahwa logistik merupakan suatu layanan dukungan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang efisien dan efektif terhadap barang, jasa serta informasi dari titik asal sampai ke titik tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Komponen utama logistik adalah penyimpanan/gudang  dan aliran sumber daya (barang / jasa / informasi).

Seperti yang kita ketahui bahwa misi logistik pada prinsipnya adalah mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah dan kondisi yang tepat, serta dengan biaya yang terjangkau maka kita dapat melihat bahwa manajemen logistik yang baik sangatlah diperlukan oleh setiap pihak yang berkepentingan.

Manajemen logistik merupakan bagian dari rantai pasokan (supply chain). Beberapa unsur penting dalam supply chain ini antara lain pengadaan, pergudangan & invetarisasi, transport, distribusi, sistem informasi dan aliran dana

No comments:

Post a Comment